Table of Content

Cara Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Interpersonal

kunci untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal Anda adalah dengan melanjutkan untuk berlatih dan membuat perbedaan tentang tindak tut
nenek dan cucu
Hai semua dan selamat datang di tulisan fillamenta lagi. Dalam tulisan ini saya ingin berbicara tentang keterampilan komunikasi interpersonal. Komunikasi menjadi efektif ketika kita masing-masing mengendalikan percakapan kita. Oleh karena itu, memiliki percakapan yang efektif berarti menjadi efektif dalam komunikasi. Inilah yang saya lakukan dengan klien pelatihan saya. Saya bekerja dengan klien pembinaan saya untuk menciptakan percakapan yang efektif melalui pendekatan Pelatihan Ontologis. Komunikasi memiliki komponen non verbal dan juga komponen verbal. Keterampilan verbal meliputi tindak tutur dan mengetahui mana dari enam tindak tutur yang digunakan dalam percakapan. Selain itu, keterampilan komunikasi non verbal mencakup disposisi tubuh serta emosi. Ketika kedua komponen inidipahami dan dipraktikkan, komunikasi dan percakapanmenjadi lebih efektif. Menurut Wikipedia komunikasi interpersonal terjadi ketika ada dua orang atau lebih dalam percakapan. Itu sudah jelas, bukan? Komponen lain dari komunikasi interpersonal adalah bahwa pesan berhasil ditransmisikan dari seseorang yang berbicara kepada seseorang yang mendengarkan.

Kesuksesan Sebuah Komunikasi Interpersonal

Bisa jadi bos sedang berbicara dengan karyawannya. Atau bisa juga orang tua yang berbicara dengan anak-anaknya. Atau bisa jadi teman di tim sepak bola berbicara satu sama lain dan menyelesaikan sesuatu. Komunikasi interpersonal yang sukses membutuhkan seseorang untuk berbicara dan itu membutuhkan satu atau lebih orang untuk benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan dan bertindak berdasarkan itu. Yang baru saja saya uraikan adala htiga tindak tutur: permintaan, penawaran, dan janji. Ini menangani sebagian besar percakapan sehari-hari kami di mana (misalnya) kami meminta bantuan atau kami menawarkan bantuan kepada orang lain. Dan permintaan dan penawaran ini ditindak lanjuti melalui janji (atau komitmen) untuk mengambil tindakan. Bagian ini mudah karena banyak dari kita yang memahami bagian verbal dari keterampilan komunikasi.

Non Verbal Ketrampilan Komunikasi

Bagian non verbal dari keterampilan komunikasi berkaitan dengan tubuh, yang sesuai dengan bahasa tubuh dan disposisi fisiologis kita yang pada dasarnya adalahbentuk tubuh kita. Komponen tambahan untuk keterampilan komunikasi non verbal adalah emosi. Klaimnya adalah bahwakita sebagai manusia berada dalam satu atau lebih emosipada saat tertentu di hari kita. Namun kita mungkin tidak menyadari emosi apa yang sedang kita alami . Emosi kebahagiaan akanmenciptakan berbagai respons fisiologis daripadaemosi marah, atau takut, atau gembira. Tergantung pada emosi yang Andabawa ke percakapan Anda, Anda akan memiliki hasil yang berbeda ketikaAnda berbicara dengan atasan Anda, keluarga Anda, teman Anda atau bahkananggota lain dalam komunitas Anda.

Emosi Dalam Komunikasi Interpersonal

Emosi yang menjadi amarah dalam komunikasi Anda memiliki berbagai kemungkinan tindakan dan tanggapan terhadap permintaan atau penawaran tertentu. Dengan cara yang sama, emosi kegembiraan dalam komunikasi Anda akan memiliki kemungkinan lain. Belajar untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal Anda mengharuskan Anda memahami baik komponen komunikasi verbal maupun komponen komunikasi non verbal. Karena banyak dari kita melakukan banyak hal secara intelektual , pendekatan terbaik yang saya temukan adalah berfokus pada hal-hal dengan cara intelektual.

Kunci Meningkatkan Komunikasi Interpersonal

Saya pernah satu waktu pada zaman dahulu kala mengundang klien pada sebuah pelatihan saya untuk menggunakan keterampilan, pengalaman, dan pengetahuan belajar mereka untuk memahami apa yang sebenarnya diucapkan. Dan itu berarti memusatkan perhatian pada tindak tutur dan memahami apa itu komunikasi verbal. Jika kita tidak dapat benar-benar mengartikulasikan dengan sangat jelas apa yang kita inginkan, atau bagaimana kita akan dipuaskan, percakapan dan komunikasi menjadi tidak efektif. Tindak tutur tersebut adalah: Permintaan Penawaran Janji Penegasan Penilaian Deklarasi. Saya nanti akan menjelaskan masing-masing tindak tutur tersebut secara singkat dalam dua tulisan artikel lainnya, Keterampilan Komunikasi Bagian 1 dan Keterampilan Komunikasi Bagian 2. Saya mengajak Anda untuk mempertimbangkan bahwa kunci untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal Anda adalah dengan melanjutkan untuk berlatih dan membuat perbedaan tentang tindak tutur yang Anda gunakan ketika Anda sedang dalam percakapan. Mengundang seseorang untukmakan malam adalah sebuah permintaan. Memberi selamat kepada seseorang dengan mengajaknyamakan malam melibatkan dua tindak tutur. Tindak tutur deklarasi adalah memberikan ucapan selamat dan mengajak mereka keluar untuk makan malam adalah tawaran.

Secuil Kasus Ringan Dan Penutup

Dalam salah satu dari dua kasus ini, penerima akan berjanji atau membuat komitmen untuk menerima atau menolak tawaran dan permintaan. Dan ini menurut Wikipedia merupakan komunikasi yang berhasil ketika pesan dikirimdan pesan diterima. Kuncinya adalah mengetahui tindak tutur mana yang Anda aktifkan dalam percakapan Anda dan apakah tindak tuturitu memenuhi tujuan Anda atau tidak. Saya ingin meluangkan beberapa saat untuk meminta Anda memperhatikan percakapan terakhir yang Anda lakukan. Mungkin lebih mudah jika memori dalam 24 jam terakhir atau lebih. Tindak tutur apa yang Anda yakini ada? Apa emosi yang Anda alami? Apa emosi pendengar? Bagaimana Anda menggambarkan bentuk tubuh Anda? Bagaimana Anda menggambarkan bentuk pendengar? Menurut penilaian Anda, seberapa efektif percakapan itu? Apakah Anda puas dengan hasilnya? Bagaimana Anda akan meningkatkan interaksi di masa depan? Saya harap ini membantu Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal,  silakan tulis di kolom komentar dan kalo bermanfaat silahkan bagikan artikel ini. Rahayu

Sumber

Fillamenta,N.2019.Psikologi Komunikasi Sebuah Pengantar.Palembang:SapuLIdi
Saya adalah seorang Penulis, Musik Terapis, Music Arranger dan Pemain Violin. Mengajar Kursus violin secara daring atau online dan meng-aransemen beberapa orkestra, bigband dan band. Bersama tim saya…

1 komentar

  1. ok lets try it